Rabu, 06 Juni 2012

Membuat Trafo BIasa Jadi CT/ Inverter Sederhana dari FBT

TRIK MERUBAH TRAFO BIASA MENJADI TRAFO CT

http://kikiservis.blogspot.com

kali ini saya akan membahas cara mengunakan trafo biasa untuk rangkaian penyearah ct(center tap) perhatikan dengan jelas gambar di atas...
berkadang orang tidak memahami prinsip dasar trafo. Sehingga saat butuh power suply dengan rangkaian ct dia harus beli..trafo ct pada hal dia punya trafo biasa(bukan ct) wah...ini agak lucu..menurut saya.
apa bila kita perhatikanprinsip dasar gulungan ct dan trafo biasa sebenar nya pola gulunganya sama saja. Diatas adalah gambar trafo biasa di mana tegangan 0v ada di pinggir sedang kan pada trafo ct 0v ada di tengah.. pada rangkaian di atas saya membutuh kan tegangan ct 12v ct maka dari itu saya menempatkan center tap nya pada pin 12v pada trafo lalu yang akan di searahkn pin 0v dan 24v....disini pin 0v dan 24 sudah kita anggap 12v mengapa?karena ct nya ada di 12v maka 24-12=12 dan 12-0=12 pembuktianya ukur antara pin 12v dan 24v maka hasilnya 12v lalu ukur pin 12 ke 0v maka hasil nya akan 12v juga..
Bagai mana kalau kita butuh rangkaian 6v ct maka susunan pin nya 0v--6v--12v dan 6v kita jadikn ct.
Kalau butuh 18v maka susunan nya 0v--18v--36v. Dan ct nya ada di pin 18v.
Jika seandai nya pin 36v tidak ada tapi yg ada 32v maka gunakan saja 32v..hasil nya akan sama saja setelah masuk rangkaian penyearah...dan tegangan akan di ratakan oleh kapasitor filter..
Nah..bagai mana menurut anda apakah h
arus beli trafo ct yg harga nya dua kali lipat dari trafo biasa....
Good luck..!

INVERTER TEGANGAN TINGGI


pada postingan kali ini kita akan membuat inverter bertegangan tinggi..lebih 10kv..entah bermanfaat atau tidak tapi banyak sekali yg bertanya dan minta di buat kan rangkaian untuk menaikan tegangan.
perna suatu hari saya berkunjung ke tempat paman saya tepat nya di daerah batu raja sumatra selatan ..nah..di sana saya banyak jumpai kebun yg sekeliling pagar nya di aliri listrik...menurt cerita itu sebagai penghalang babi hutan yg sering merusak tanaman.
Wow...bahaya sekali...apalagi listrik nya dari pln yg daya nya cukup besar...dan sangat mematikn...padahal tujuan awal nya hanya mengejutkan saja.. Nah...!!dari sana sy punya inspirasi untuk menggunakan flyback bekas tv sebagai penaik tegangan .....
Pada rangkaian di atas di saran kan hanya memakai satu buah transistor saja dengan tujuan agar arus atau daya tidak terlalu besar...dan hanya tegangan nya saja yg tinggi sehingga akan menimbulkan efek kejut..(bukan berarti tidak berbahaya)
Di sini saya memanfaatkan flyback bekas tv..karena kalau harus gulung sendiri sngat repot dan tentu biaya akan lebih besar...buatlah rangkaian seperti gambar di atas dan kabel keluaran yg akankita gunakan adalh kabel anoda(tegangan tinggi)
beri keping pendingin trasistr supaya tidak terjadi overheat..
Catatan: semakin besar tegangan input maka makin besar tegangan yg di hasilkn..dan begitu sebalik nya semakin kecil tegangan input maka tegangan yg di hasilkan jg akan kecil.
Semakin besar nilai resistor maka semakin kecil tegangan yg di hasilkan dan daya suply lebih irit.
Hati2 penulis tidak bertanggu jawab atas segala resiko nya.
Good luck...

6 komentar:

  1. Hallo salam kenal,
    pict perakitan nya .atau photo nya tampilkan dong.

    BalasHapus
  2. maaf karena kesibukan baru bisa jawab,dulu aku peraktekan dikampung kelahiran saya,dari kop flaybek saya sambung kawat tempat hamayang sering masuk,tujuan agar membuat efek kejut semakin banyak transitor kita kopel atau paralel semakin tinggi tegangan yang keluar dari kop flaybek ati2 ajah kalu udah diparalel tr karena tegannya semakin tingi lebih dari 2kv bisa lebih dulu saya kasih 4tr keluar cukup tinggi

    BalasHapus
  3. Baiknya tuh pin ABL di groundkan,jika tdk maka dr pin abl muncul semburan api sedang di kabel anoda outputnya kecil,

    BalasHapus
  4. TRIMS MAS KIKI TRIKNYA, MOGA2 BLOG SAMPEAN MAKIN OKE

    BalasHapus